Hindari Hal Berikut Jika Smartphone Anda Menggunakan Baterai Li-Ion

Hindari Hal Berikut Jika Smartphone Anda Menggunakan Baterai Li-Ion

Posted on

Hindari Hal Berikut Jika Smartphone Anda Menggunakan Baterai Li-Ion – Baterai merupakan salah satu komponen yang memegang peranan sangat penting dalam sebuah smartphone, karena dengan adanya baterai inilah maka smartphone yang Anda miliki dapat hidup dan melakukan tugasnya baik sebagai alat komunikasi maupun tugas – tugas lainnya. Apalagi smartphone sekarang ini sudah dijejali dengn berbagai macam teknologi canggih yang menyebabkan baterai smartphone dituntut untuk bisa lebih bertahan lama.

Saat ini baterai yang menijadi sumber tenaga bagi sebuah smartphone dibedakan menjadi beberapa kategori. Berdasarkan jenisnya yakni baterai removable yang mana bisa dilepas dan baterai non removable yang tidak dapat dilepas, sedangkan berdasarkan tipenya yakni baterai li-po atau lithium polymer dan baterai li-ion atau lithium ion, yang mana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Berikut ini akan kami ulas mengenai beberapa hal yang harus Anda hindari jika smartphone Anda menggunakan baterai li-ion.

Hindari Hal Berikut Jika Smartphone Anda Menggunakan Baterai Li-Ion

  1. Baterai 0 Persen

Hal pertama yang harus dhindari jika baterai smartphone Anda menggunakan baterai li-ion adalah menunggu baterai hingga benar – benar habis atau hingga 0 persen, jika Anda melakukan hal ini maka umur baterai smartphone yang Anda miliki tidak akan awet sebab menambah tegangan bisa membuat baterai menjadi tertekan, selain itu baterai li-ion Anda juga sebaiknya diisi hingga penuh 100 persen.

  1. Tidak Melepas Casing Saat Charging

Hal kedua yang harus Anda hindari jika baterai smartphone Anda menggunakan baterai jenis li-ion adalah dengan tidak melepas casing smartphone, jika Anda melakukan hal ini biasanya Anda akan merasakan bagian belakang dari smartphone milik Anda akan terasa hangat jika sedang mengisi daya, untuk menurunkan suhu tersebut maka Anda bisa melepas casing belakang smartphone.

  1. Overcharging

Hal selanjutnya yang harus Anda hindari jika smartphone Anda menggunakan baterai berjenis li-ion adalah melakukan pengisian daya hingga melebihi kapasitas baterai atau lebih sering dikenal sebagai overcharging, hal ini sangat sering diabaikan oleh pengguna smartphone padahal jika Anda berlebihan dalam melakukan pengisian daya baterai dari smartphone Anda maka akan memperpendek usia baterai.

  1. Mengoperasikan Smartphone Saat Charging

Hal keempat yang sebaiknya Anda hindari jika smartphone Anda menggunakan baterai li-ion adalah mengoperasikan smartphone pada saat charging, hal ini sebaiknya Anda hindari karena akan memperlambat pengisian daya baterai dari smartphone Anda dan juga dapat menambah beban baterai yang sedang diisi dayanya sehingga baterai akan menjadi semakin panas yang akhirnya dapat merusak baterai.

  1. Tidak Menggunakan Adaptor dan Konektor Orisinil

Hal kelima sekaligus terakhir yang sebaiknya Anda hindari jika smartphone Anda menggunakan baterai li-ion adalah dengan tidak menggunakan adaptor dan konektor orisinil pada saat melakukan pengisian daya, hal ini sebaiknya Anda hindari karena masing – masing adaptor dan konektor untuk setiap smartphone sudah didesain untuk digunakan bagi satu smartphone saja agar tidak menimbulkan kerusakan.

Ada berbagai jenis baterai smartphone yang saat ini beredar di pasaran, salah satunya adalah baterai li-ion, sebaiknya Anda menghindari hal – hal yang sudah disebutkan di atas agar baterai Anda awet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *