Cara Root Android Dengan PC dan Tanpa PC

Cara Root Android Dengan PC ataupun Tanpa PC

Posted on

Cara Root Android Dengan PC ataupun Tanpa PC – Istilah root Android kini bukan hal yang asing lagi. Berbagai tutorial kerap menyebutkan kata tersebut sebagai solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan Android. Namun penggunaan root terkadang menimbulkan dilema, karena selain keuntungan yang diberikan, proses root juga meninggalkan dampak negatif.

Cara Root Android Dengan PC dan Tanpa PC

Root semakin banyak dilakukan karena banyak aplikasi untuk Android yang menentukan syarat agar Android di root agar agar menggunakan aplikasi tersebut. Apakah sebenarnya manfaat dari root? Simak artikel ini agar Anda mengetahui manfaat sekaligus cara root Android dengan PC ataupun tanpa PC.

Manfaat Root dan Cara Melakukannya untuk Android Kesayangan

Bagi beberapa orang, root merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memaksimalkan fungsi Android. Namun, sebagian lainnya ragu untuk melakukan proses root. Sebenarnya, root berfungsi agar pengguna mendapatkan akses penuh pada sistem Android dan dapat melakukan modifikasi dengan bebas. Selain dapat memodifikasi dengan bebas, root juga disyaratkan untuk beberapa aplikasi tertentu yang membutuhkan akses ke sistem.

Ada beberapa cara root Android dengan PC dan tanpa PC. Ada yang menggunakan bantuan PC, namun ada pula yang tak bergantung pada PC. Yuk, simak cara root Android tanpa PC dan menggunakan PC dibawah ini. Setelah Android Anda di-root, akan ada beragam keuntungan dalam memaksimalkan fungsi sistem.

Sebelum melalukan root, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar proses root berjalan lancar dan tidak menimbulkan kerusakan pada Android. Pastikan kabel data yang digunakan dapat berfungsi dengan baik dan tidak mudah goyang. Selain itu, gunakan aplikasi USB yang sesuai dengan merek Android Anda. Yang terakhir adalah aktifkan mode USB debugging dan izinkan penginstalan aplikasi.

Cara Root Android dengan PC Menggunakan Root Genius

Cara Root Android Dengan PC dan Tanpa PC

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang mampu melakukan proses root Android dengan baik. Dengan aplikasi ini, kegagalan dalam proses root dapat diminimalisir. Simak cara root Android dengan PC melalui Root Genius berikut ini

  1. Langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah mematikan anti virus pada PC Anda. Antivirus pada PC biasanya akan langsung mendeteksi software berbahaya. Jika Root Genius ini dianggap sebagai software yang berbahaya, bisa jadi proses root tidak dapat dilakukan.
  2. Unduh software Root Genius di PC Anda. Setelah terunduh dengan lengkap, segera install dan buka software tersebut.
  3. Sambungkan Android Anda ke PC menggunakan kabel data. Jika Android sudah terhubung, muncul tampilan yang berisi petunjuk dan meminta persetujuan Anda. Klik centang pada opsi persetujuan, lalu klik tombol Root It.
  4. Tunggu proses root hingga selesai. Setelah muncul simbol yang menAndakan proses selesai, putuskan sambungan Android dengan PC. Segera restart Android dan jalankan. Di Android akan muncul sebuah aplikasi yang bertuliskan Kinguser.

Cara Root Android dengan PC Menggunakan OneClickRoot

Cara Root Android Dengan PC dan Tanpa PC

Software lainnya yang bisa digunakan untuk root Android melalui PC adalah OneClickRoot. Berikut adalah cara root Android dengan PC menggunakan software tersebut

  1. Unduh software ini di situs Officia; Site OneClickRoot PC. Software ini bisa Anda dapatkan dengan gratis.
  2. Setelah terunduh, segera lakukan instalasi dan buka sofwarenya. Akan muncul tampilan layar yang berisi tahapan root yang terdiri atas proses koneksi perangkat, identifikasi perangkat dan root.
  3. Sebelum proses dilakukan, pastikan baterai Android Anda terisi minimal 25%. Setelah semuanya siap, sambungkan Android dengan PC menggunakan kabel data. Setelah itu, tekan tombol Root Now.
  4. Tunggu proses root hingga selesai. Jika muncul simbol centang pada layar PC, maka proses root sudah selesai. Segera putuskan sambungan Android dari PC dan nyalakan. Akan muncul aplikasi superuser pada Android Anda.

Cara Root Android dengan PC Menggunakan iRoot

Cara Root Android Dengan PC dan Tanpa PC

Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat untuk melakukan root menggunakan PC. Pastikan baterai Android terisi penuh, minimal 70% karena proses root memakan waktu yang cukup lama. Aktifkan pula mode USB Debugging. Anda juga harus terus tersambung dengan jaringan internet.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah iRoot. Aplikasi satu ini awalnya diberi nama vRoot. Bahasa dasar aplikasi dari Negeri Tirai Bambu ini menggunakan bahasa Cina. Meskipun bahasanya cukup sulit untuk dipahami, nyatanya banyak Android yang sukses di-root menggunakan aplikasi ini. Inilah cara root Android dengan PC

  1. Unduh Aplikasi : Langkah yang utama adalah dengan mengunduh aplikasi iRoot di PC Anda. Setelah terinstal dengan baik, sambungkan Android tersebut dengan PC menggunakan kabel data. Buka aplikasi tersebut pada PC Anda.
  1. Tunggu hingga Android Anda terdeteksi oleh aplikasi iRoot. Setelah terdeteksi, klik tombol hijau di bagian kanan bawah yang bertuliskan iRoot. Tunggu hingga proses selesai. TAnda dari selesainya proses root adalah munculnya munculnya tAnda centang. Android Anda akan restart secara otomatis.

Cara Root Android Tanpa PC Menggunakan Kingroot

Cara Root Android Dengan PC dan Tanpa PC

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi root terbaik yang pernah ada. Berbagai jenis Android dapat di root menggunakan aplikasi ini. Berikut adalah cara root Android tanpa pc menggunakan Kingroot.

  1. Unduh aplikasi Kingroot di Android Anda. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis.
  2. Setelah terunduh dengan sempurna, segera buka aplikasi. Anda akan melihat tampilan dengan tombol yang khas. Klik tombol tersebut untuk memulai proses root.
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan apakah proses root bisa dilakukan atau tidak.
  4. Jika Anda mendapatkan pemberitahuan, maka itu tAndanya Android Anda telah melalui proses root yang sempurna.

 

Cara Root Android Tanpa PC Menggunakan Framaroot

Jika Anda menginginkan dilakukan tanpa bantuan PC, ada beberapa cara root tanpa Android tanpa PC yang mudah untuk dilakukan. Berikut adalah cara root Android menggunakan Framaroot

  1. Unduh aplikasi Framaroot pada Android Anda. Setelah itu buka aplikasi. Akan ada beberapa pilihan yang muncul, Pilihlah opsi SuperSU atau Superuser yang sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih antara GAndalf atau Aragorn.
  2. Setelah Anda memilih diantara kedua pilihat root tadi, proses root akan berjalan. Tunggu hingga proses benar-benar selesai. TAnda dari selesainya proses root adalah munculnya tAnda.
  3. Segera restart Android Anda jika tAnda selesai sudah muncul. Pastikan muncul aplikasi Superuses atau SuperSU di drawer. Proses root Android sudah selesai.

Disamping berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan, jangan lupa bahwa proses yang tidak sempurna akan mendatangkan kerugianResiko dari proses root pun ada beberapa, seperti hilangnya garansi dari perusahaan Android, rawan terhadap serangan virus, performa menjadi kurang stabil dan terjadi bootlop jika ada kesalahan.

Oleh karena itu, perhatikan dengan baik petunjuk untuk setiap tahapan root Android. Jangan sampai terjadi kesalahan yang menyebabkan kerusakan fatal. Semoga ulasan cara root Android dengan PC dan cara root androit tanpa PC ini dapat menambah wawasan serta menyelesaikan permasalahan Android Anda, Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *