Cara Upgrade OS Android

Cara Mudah Untuk Upgrade OS Android

Posted on

Cara Mudah Untuk Upgrade OS Android – Bukan hal rahasia lagi bahwa hampir setiap tahun Android selalu mengeluarkan versi OS terbarunya. Bagaimana cara memperbaharui versi android lama menjadi terbaru? Sebelum terjawab, kini OS Android  Ginggerbread diperbaharui menjadi Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marsmallow, Nougat, dan yang terbarukan adalah Android Oreo. Jika mendengar dari namanya seperti makanan semua saja. Namun pengguna smartphone Android pasti bertanya-tanya cara upgrade OS Android itu bagaimana?

Cara Upgrade OS Android

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai tata cara memperbaharui versi Android lama mu. Tidak memerlukan waktu lama untuk melakukan hal tersebut. Perlu diketahui bahwa jika memperbarui perangkat lunak android akan memberikan berbagai macam fitur terbaru dan meningkatkan kinerja smartphone mu.

3 Macam Cara Meningkatkan Versi Android

Era smartphone yang canggih, setiap pengguna pasti tidak akan kesulitan bila mencari cara upgrade OS Android di smartphonenya. Hanya dengan ketik lalu muncul alternatif solusi yang diperlukan. Versi OS Android terbaru diberi nama Oreo, hampir setiap pengguna Android meningkatkan versi Android lamanya menjadi Oreo. Berikut 4 macam cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbarui OS Android mu dengan cepat dan mudah.

  1. Upgrade OS Android via Over The Air (OVA)

Cara yang pertama untuk menaikan versi Android dengan Over The Air. Sebelum Anda mengupgrade OS Android dengan cara ini, kami rekomendasikan untuk menggunakan Wi-fi. Selain alasan sederhana dan sering banyak orang rekomendasikan, adalah sistem operasi yang akan di download memiliki ukuran lumayan besar. Oleh karena itu lebih baik alokasikan saja paketan data mu untuk keperluan di luar penggunaan Wi-Fi.

Langkah selanjutnya adalah masuk menu Pengaturan/Setting (tap saja ikon roda gigi). Carilah dan tap About Device/Tentang Perangkat. Kemudian tap keterangan Sofware Update/Pembaharuan Perangkat Lunak. Lalu tap Check for Update/Periksa Pembaharuan, selanjutnya tap Update/Perbaharui. Terakhir langkah memperbarui versi android dengan klik instal, lalu tunggu hingga proses unduhan selesai. Setelah unduhan selesai maka smartphone Anda akan otomatis melakukan restart. Mudah bukan cara pertama mengupgrade OS Android.

  1. Mengupgrade OS Android Menggunakan Personal Computer (PC)

Saran yang kedua adalah cara upgrade OS Android pakai PC. Anda perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan perubahan versi Android smartphone. Cobalah buka dan pelajari artikel upgrade versi Android di website resmi dari produsen perangkat smartphone. Mungkin Anda perlu mencari menu support atau halaman dukungan. Bisa jadi Anda diharuskan mengisi form informasi perangkat atau bahkan mendaftarkan perangkat Android untuk bisa mendapatkan akses.

Setelah itu download device management sesuai dengan nama dan fungsi perangkat. Antara merk Android satu dengan yang lain akan berbeda-beda. Misalnya perangkat lunak merk Samsung diberi nama Samsung Kies, merk Xiaomi disebut MIUI, dll. Selanjutnya kembali ke situs resmi produsen Android. Cari upgrade sistem Android pada pembaharuan yang tersedia. Kemudian hubungkan smartphone dengan PC. Buka aplikasi device management. Cari perintah Update dam ikuti petunjuk hingga selesai.

  1. Mengupgrade OS Android Dengan Rooting ROM

Cara upgrade OS Android via rooting ROM merupakan rekomendasi terakhir yang bisa dilakukan. Meskipun cara ini terbilang aman tetapi bisa menghilangkan garansi bila tidak didukung oleh produsen. Langkah upgrade sistem Android  dengan rooting ROM perlu memback-up perangkat Android. Perlu menjadi catatan bahwa rooting di setiap smartphone berbeda-beda.

Pertama unduh dan instal software root sesuai dengan smartphone. Kedua hubungkan smartphone ke USB laptop/PC. Ketiga buka software rooting di komputer, lalu mulailah proses rooting dengan mengikuti setiap pentujuk dilayar. Terakhir restart smartphone Anda.

Demikian pembahasan artikel tentang cara upgrade OS Android. Lakukanlah upgrade sistem Android dengan baik dan benar sehingga tidak merusak smartphone Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan kami sampaikan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *