Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian Dan Kehilangan Data

Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian Dan Kehilangan Data

Posted on

Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian Dan Kehilangan Data – Smartphone kini telah menjadi suatu perangkat yang selalu dibawa ke mana saja oleh manusia, hal ini dikarenakan saat ini smartphone sudah menjadi perangkat multi fungsi yang hampir dapat melakukan semua tugas. Tentu saja hal ini dikarenakan smartphone saat ini telah dibekali dengan berbagai macam teknologi yang sangat canggih yang memungkinkannya untuk dapat membantu berbagai aktivitas Anda mulai dari hiburan hingga penunjang produktivitas.

Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian Dan Kehilangan Data

Smartphone yang kita gunakan sekarang ini tentunya memiliki berbagai macam data, dokumen, dan file – file penting dan pribadi yang tersimpan di dalam memory smartphone. Data dan file – file penting yang ada di dalam smartphone tersebut tentunya tidak ingin dilihat atau malah diambil oleh orang lain, atau bisa jadi data tersebut bisa saja hilang karena sebab yang lain. Oleh karena itu Anda harus melindungi data penting tersebut dengan baik, berikut ini akan kami ulas mengenai cara melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data.

Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian Dan Kehilangan Data

  1. Back Up Data

Salah satu cara melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data adalah dengan melakukan back up terhadap data – data penting dan pribadi milik Anda, dengan melakukan hal ini maka data penting Anda akan aman sehingga jikalau terjadi hal – hal yang tidak diinginkan terjadi maka Anda masih memiliki data penting tersebut dan memindahkannya pada perangkat Android yang baru.

  1. Menginstal Anti Virus dan Anti Maling

Cara kedua yang bisa Anda coba untuk melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data adalah dengan menginstal aplikasi anti virus dan aplikasi anti maling, salah satu penyebab hilangnya atau rusaknya data di smartphone adalah karena disebabkan oleh virus sehingga untuk mengatasinya Anda bisa menginstal anti virus melalui Play Store, selain itu Anda juga bisa menginstal aplikasi anti maling.

  1. Mencatat Identitas Perangkat

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data adalah dengan mencatat identitas dari perangkat smartphone Anda yang biasanya berupa kode IMEI yang masing – masing smartphone memiliki kode yang berbeda sehingga jika suatu saat terjadi hal – hal yang tidak diinginkan maka Anda bisa melacak smartphone menggunakan kode IMEI tersebut.

  1. Matikan Fitur Peta

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data adalah dengan mematikan fitur peta yang ada pada smartphone Anda sebab jika fitur peta atau GPS Anda aktif maka pada saat Anda mengunggah foto di media sosial, posisi Anda akan sangat mudah diketahui oleh orang lain yang tentunya mereka bisa mengetahui data – data Anda sehingga menjadi rawan pencurian.

  1. Menggunakan Passcode

Cara kelima yang dapat Anda lakukan untuk melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data adalah dengan menggunakan passcode atau password untuk melindungi data Anda sehingga data – data penting yang Anda miliki akan terlindung dari ulah tangan – tangan jahil, ada berbagai macam passcode atau password yang bisa digunakan di antaranya adalah kombinasi nomor atau bentuk pola.

Data – data penting dalam smartphone memang harus Anda lindungi dari tangan jahil, untuk melakukannya Anda dapat melakukan beberapa cara yang sudah diuraikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *