Cara Instal Ulang Android dan Cara Backup Data Andorid Semua Merk HP

Cara Instal Ulang Android dan Cara Backup Data Andorid Semua Merk HP

Posted on

Cara Instal Ulang Android dan Cara Backup Data Andorid Semua Merk HP – Cara instal ulang Android harus dilakukan dengan langkah yang benar. Jika Anda memiliki keberanian dan kemampuan, Anda bisa melakukan instal ulang HP Android tanpa memerlukan bantuan orang lain alias mandiri. Akan tetapi cara yang kedua lebih praktis lagi, yaitu Anda harus mengeluarkan biaya instal ulang HP Android bilamana menggunakan jasa orang lain. Keuntungan opsi kedua,  Anda tinggal terima beres tanpa harus bersusah payah mengotak-atik HP Android mu.

Cara Instal Ulang Android dan Cara Backup Data Andorid Semua Merk HP

Meninjau dari pilihan pertama bahwa instal ulang HP Android bisa dilakukan sendiri. Pada merk smartphone apapun itu, entah Vivo, Lenovo, Samsung, Asus, dan lain lain. Juga langkah – langkahnya hampir secara keseluruhan sama mirip. Hanya  saja satu hal yang perlu diperhatikan adalah alur atau tahapan yang benar. Pasalnya langkah untuk menginstal ulang Android mempengaruhi keberhasilan instalasi yang dilakukan.  Oleh karena itu hindarilah resiko kemungkinan terjadinya kesalahan saat melakukan setel ulang Android.

Hal penting yang harus diperhatikan pula adalah lakukanlah backup HP data hp smartphone Anda sebelum menginstal ulang Android. Jika Anda tidak melakukan ini maka resiko yang Anda tanggung adalah kehilangan semua data yang tersimpan pada memori smartphone. Jadi jangan sampai cara backup data Android tidak Anda lakukan. Dengan melakukan backup data, Anda bisa mendapatkan data yang memungkinkan penting dan suatu saat Anda membutuhkannya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara instal ulang dan backup data Android.

Melakukan Cara Instal Ulang Android Dengan Mudah dan Cepat

Kenapa seseorang harus menginstal HP Android yang dimilikinya ? hal tersebut memiliki banyak peluang untuk menerka-nerka. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui cara instal ulang Android. Akhirnya mereka membawanya ke jasa perbaikan / service hp. Sehingga banyak yang tidak secara langsung memilih opsi kedua yaitu menggunakan jasa orang lain. Memang tidak salah, namun kami akan berbagi bahwa hal itu bisa dilakukan sendiri. Simak tips dan langkahnya di bawah ini.

  1. Identifikasi Alasan Menginstal Ulang Android

Pertama-tama yang perlu Anda perhatikan adalah alasan menginstal ulang Android.  Apakah telah terjadi sesuatu? Saran kami jika Anda melakukan setel ulangg bilamana terjadi pada beberapa kondisi. Misalnya smartphone sering mengalami blank dan tidak bisa dioperasikan, sering terjadi mati secara tiba-tiba, lemot dengan waktu yang sangat lama, sering eror, data tersimpan tidak mau muncul padahal memori masih dalam kondisi baik, dan terkena virus.

  1. Perhatikan Kondisi Daya Baterai Smartphone

Apabila smartphone Anda mengalami salah satu gangguan yang ada di poin pertama maka lakukan reset HP Anda.  Akan tetapi perlu sangat diperhatikan ketika akan melakukan setel ulang Android adalah melihat kondisi daya baterai smartphone. Jika daya baterai dibawah 20 persen maka lebih baik Anda mengisi ulang daya baterai. Sebab jika smartphone Anda kekurangan daya ketika proses instal ulang Android akan menyebabkan terjadinya kegagalan instalasi.

  1. Backup Data Smartphone Melalui SD Card

Arti backup data adalah proses melakukan data cadangan melalui berbagai cara seperti menyalin atau membuat arsip data. Pada pembahasan awal bahwa cara backup data Android sangat diperlukan. Tujuannya supaya data yang penting bisa kita gunakan kembali. Cadangan data sangatlah bersifat wajib jika Anda memiliki berbagai macam data penting. Dan yang perlu selalu diingat adalah mengingat / menyalin semua user name dan sandi setiap akun yang Anda miliki.

Jika Anda hanya memerlukan cadangan data  hanya berupa foto, musik, video, dan dokumen maka Anda bisa menggunakan SD Card untuk melakukan backup data. Cara backup data android ke memory card meskipun sangat sederhana tetapi masih sangat efektif untuk dilakukan. Namun ada catatan yang perlu diperhatikan bahwa cara ini tidak berlaku untuk data kata sandi, kontak nomor, dan chat.

  1. Backup Data Smartphone Melalui Google

Google bisa menjadi salah satu aplikasi yang memiliki fungsi  backup data. Kelebihannya menggunakan Google backup bisa mencadangkan kata sandi Wi-Fi, pengaturan aplikasi, dan data aplikasi. Sehingga manfaatkanlah aplikasi ini dan lakukan sinkronisasi ponsel pada akun Gmail. Jika sudah mensinkronisasi data ponsel  maka Google secara otomatis untuk melakukan cadangan data. Caranya hanya dengan masuk menu Settings pada smartphone lalu pilih opsi Backup & Reset.

  1. Backup Data Smartphone Melalui Aplikasi Helium

Cara Instal Ulang Android dan Cara Backup Data Andorid Semua Merk HP

Cara mencadangkan data juga bisa memanfaatkan aplikasi Helium. Aplikasi ini cocok digunakan sebelum melakukan instal ulang Android. Hasilnya banyak orang menggunakan aplikasi ini. Anda perlu mendownload aplikasi Helium di Playstore dan installah juga di PC Anda. Kemudian aktifkan USB debugging di Android dan koneksikan ke PC. Kemudian jalankan aplikasi Helium di PC, lalu ikuti perintahnya untuk memulai backup data Android.

  1. Backup Data Smartphone Melalui Titanium Backup

Cara Instal Ulang Android dan Cara Backup Data Andorid Semua Merk HP

Aplikasi Titanium Anda pilih untuk melakukan cadangan data jika smartphone Anda pernah di root.  Titanium juga menjadi aplikasi terbaik saat ini dikalangan para pengguna. Uniknya kita juga bisa menjadwalkan backup data HP. Cara menggunakan aplikasi Titanium tidak jauh berbeda dengan Helium. Bedanya Anda bisa memilih opsi data ponsel yang ingin dicadangkan dan Anda bisa menyimpanya dengan format update.zip.

  1. Instal Ulang Smartphone Melalui PC dengan Flashtool

Setelah melakukan backup data ponsel melalui salah satu dari ketiga opsi di atas, langkah berikutnya adalah memulai setel ulang Android melalui PC. Pertama Anda harus menginstal driver Mediatek USB VCOM. Kedua unduhlah ROM  atau Firmware yang sesuai dengan tipe Android Anda. Ketiga unduh aplikasi SP_Tools, lalu instal dengan klik 2 kali pada Flash_Tools.exe. Kemudian pilih “Scatter Loading”, pilih file “scatter emmc.txt”, berikan tanda centang pada DA DL ALL, lalu pilih “Download”.

Tunggulah beberapa saat hingga proses unduhan selesai. Setelah proses unduhan selesai ditandai dengan warna ungu, matikan smartphone lalu hubungkan ke komputer. Kemudian warna ungu berubah menjadi warna kuning yang menandakan sedang proses instal ulang Android.  Jika warna kuning pada bar berubah menjadi hijau itu pertanda bahwa proses instal ulang telah berhasil. Kemudian cabut smartphone Anda, cobalah nyalakan kembali, dan tunggu proses booting hingga selesai.

  1. Instal Ulang Smartphone Melalui HP Langsung

Cara instal ulang Android tanpa PC alias langsung di HP juga bisa dilakukan.  Caranya adalah dengan menekan kombinasi beberapa tombol di smartphone. Misalnya Samsung Galaxy tab 7, Asus, Xiaomi dengan menekan tombol volume up + power. Jika Lenovo dengan menekan tombol volume down + up + power. Setiap tipe smartphone berbeda-beda.

Kemudian pilih opsi Wipe Data/factory reset. Gunakan tombol volume untuk navigasi, tombol home/power untuk enter. Tunggulah proses setel ulang Android sampai selesai ketika enter Wipe Data dan jangan mengotak-atik apapun. Jika proses telah selesai maka  smartphone akan melakukan restart sendiri.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara instal ulang Android dan opsi cara bcakup data Android. Berhati-hatilah jika melakukan setel ulang Android Anda dan jangan lupa untuk melakukan backup data HP smartphone Anda. Sekian dan Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *