Cara Instal Android Studio Dengan Mudah

Cara Instal Android Studio Dengan Mudah

Posted on

Cara Instal Android Studio Dengan Mudah – Apakah Anda sebagai developer? Atau  Anda seorang pemula yang ingin belajar menggunakan software Android Studio?. Perlu Anda ketahui bahwa Android Studio adalah software yang digunakan untuk membuat aplikasi Android. Kami mengira cara instal Android Studio tidaklah terlalu sulit jika Anda memiliki keniatan yang cukup besar untuk terus belajar. Bahkan jika Anda sebagai mahasiswa software ini sangat berguna pada mata kuliah mobile programing.

Cara Instal Android Studio Dengan Mudah

Sebelum software Android Studio Anda instal pada komputer atau laptop, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama sistem Windows 2003, Vista, Windows 7 / 8 / 8.1, Mac OS X 10.5, Linux versi 2.11, ruang disk tersedia 1,5 Gb dan RAM yang dibutuhkan minimal 2 Gb. Kedua Anda perlu melakukan download aplikasi JDK (Java Development Kit). Ketiga setelah mendownload  aplikasi JDK, pastikan aplikasi Java Development Kit dan persyaratan sistem terpenuhi.

Tahapan Mudah Instal Android Studio di Laptop/PC Mu

Jika persyaratan diatas telah Anda penuhi maka langkah selanjutnya Anda siap memulai instal Android Studio. Akan tetapi hal yang juga perlu disiapkan dan bersifat sangat penting adalah Anda harus memiliki mentahan/instalan Android Studio. Jangan kawatir, banyak situs yang menyediakan. Anda hanya perlu mendownloadnya secara gratis. Tata cara instal Android Studio secara lengkap bisa Anda simak dibawah ini, pastikan setiap langkah yang Anda lakukan tidak ada yang terlewat.

  1. Instalasi Aplikasi Java Development Kit

Demi kebutuhan pengembangan Android, aplikasi JDK harus di instal terlebih dahulu. Aplikasi JDK bisa Anda unduh diberbagai macam situs, misalnya Oracle Corporation jika sistem PC/komputer Anda menggunakan Windows. Cara instal JDK hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada layar monitor. Kami menyaran untuk menggunakan versi 6 atau 7 Edisi Standar Kit Java Platform Pembangunan.

  1. Instalasi Android Studio

Setelah melakukan download software Android Studio, Anda harus melakukan pencarian file Android Studio instalasi executable.  Nama filenya biasanya Android Studio bundle.exe, lalu klik dua kali untuk memulai instal Android Studio. Akan muncul sebuah kotak dialog, pilih saja tombol “Yes” dan pilih kembali “Next”.

  1. Memasang Semua Komponen Android Studio dan Tentukan Lokasi Penyimpanan

Setelah memilih “Next” pada langkah sebelumnya, Anda harus memberikan tanda centang pada semua komponen Android Studio. Kemudian pilih “Next” untuk langkah berikutnya. Setelah itu muncul kotak dialog yang berisi perjanjian lisensi. Ditahap instal Android Studio ini Anda harus memilih tombol ”I Agree”.

Setelah Anda menyetujui perjanjian lisensi, tahap berikutnya adalah lokasi penyimpanan. Maksudnya adalah untuk menyimpan Android Studio dan sdknya. Tentukan lokasi sesuai dengan keinginan atau Anda bisa menuruti defaultnya. Cara instal Android Studio setelah menentukan pilihan lokasi penyimpanan, lalu pilih kembali “Next” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Buatlah Shortcut Jika Perlu dan Mulai Instal

Setelah menyelesaikan tahap sebelumnya. Tahap berikutnya adalah membuat shortcut pada menu start. Caranya adalah ketika muncul kotak dialog Choose Menu Start Folder, Anda jangan memberikan tanda centang dibagian “Do Not create Shortcuts”. Berikutnya adalah menginstal Android Studio dengan melakukan klik pada pilihan “Install”. Proses instalasi akan dilakukan oleh sistem. Langkah yang harus dilakukan adalah tunggu prosenya hingga selesai.

  1. Memulai Android Studio

Setelah proses instalasi selesai ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum software Android Studio siap digunakan. Ketika proses instal Android Studio selesai akan muncul kotak dialog, Anda pilih saja tombol “Finish”. Kemudian Anda harus melengkapi instalasi dengan memilih “ I do not have a previous version of Studio,………….”.

Selanjutnya pastikan laptop/PC Anda terhubung dengan internet sebab Anda harus mendownload dan menginstal komponen SDK tools. Tunggu proses unduhan hingga selesai. Jika proses unduhan dan instal telah selesai pilih saja “Finish”. Selamat Anda kini bisa menggunakan Android Studio untuk kebutuhan aktivitas harian.

Sekian pembahasan mengenai cara instal Android Studio. Mudah bukan menginstal Android Studio, hanya memerlukan waktu singkat. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *